Cari di Blog Ini

video

Kamis, 17 Februari 2011

Bagaimana sit up yang baik?

Pada prinsipnya cara sit-up tidak dibedakan antara cowok maupun cewek. Hanya saja untuk cewek umumnya dilakukan dengan repetisi yang lebih sedikit. Namun pada era fitness modern, latihan sit-up dengan bangku flat atau bahkan matras tidak dianjurkan lagi karena dianggap kurang efektif dan cenderung untuk menimbulkan cedera/kekakuan/kram pada otot leher dan punggung bawah. Sebagai pengganti latihan perut yang bisa dilakukan di matras dengan cukup efektif adalah lying crunches dan lying leg raises.

Apabila anda mau melakukan sit-up di rumah, maka akan lebih baik untuk membeli bangku sit-up sehingga kaki dapat dikaitkan pada busa penahan dan punggung bawah mendapatkan bantalan yang lebih baik dibandingkan matras, sehingga akan mengurangi resiko cedera. Namun jika anda tetap berkeinginan untuk melakukan sit-up di matras atau di tempat yang datar, maka cara sit-upnya juga sama saja sbb:

1) Berbaring dengan posisi kedua kaki dilipat dan lutut menghadap atas.
2) Letakkan kedua tangan di samping kepala atau silangkan kedua tangan anda di depan dada, kemudian tarik napas.
3) Angkat tubuh bagian atas dengan kekuatan perut. Titik tumpu gerakan berada pada pinggul. Buanglah napas pada saat tubuh bagian atas mendekati puncak kontraksi.
4) Turunkan tubuh bagian atas hingga hampir sejajar dengan lantai sambil menarik napas.
5) Hindari mengangkat kepala dengan tangan saat mengangkat otot punggung atas. Hal ini akan menyebabkan otot leher tertarik dan bisa menimbulkan cedera.
6) Lakukan 4-5 set dengan repetisi 15-20.

Selamat Berlatih!

Artikel ini ada di link berikut :
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100218205405AArUxqC


Tidak ada komentar:

Posting Komentar