Cari di Blog Ini

video

Minggu, 30 Januari 2011

PENGERTIAN TAE KWON DO

Tae Kwon Do adalah olah raga bela diri modern yang berakar pada bela diri tradisional Korea. Tae Kwon Do mempunyai banyak kelebihan, tidak hanya mengajarkan aspek fisik semata, seperti keahlian dalam bertarung, melainkan juga sangat menekankan pengajaran aspek disiplin mental. Dengan demikian, Tae Kwon Do akan membentuk sikap mental yang kuat dan etika yang baik bagi orang yang secara sungguh-sungguh mempelajarinya dengan benar. Tae Kwon Do mengandung aspek filosofi yang mendalam sehingga dengan mempelajari Tae Kwon Do, pikiran, jiwa, dan raga kita secara menyeluruh akan ditumbuhkembangkan.

Tae Kwon Do yang terdiri dari 3 kata :

-Tae yang berarti kaki (menghancurkan dengan teknik tendangan.

-Kwon yang berarti tangan (menghantam dan mempertahankan diri dengan teknik tangan).

-Do yang berarti seni/cara mendisiplinkan diri.

Maka jika diartikan scara sederhana, Tae Kwon Do berarti seni atau cara mendisiplinkan diri / seni bela diri yang menggunakan teknik dengan kaki/tendangan untuk melumpuhkan lawan dan menggunakan tangan untuk memukul dan mempertahankan diri.

Mempelajari Tae Kwon Do tidak dapat hanya menyentuh aspek keterampilan teknik bela dirinya saja, namun harus meliputi fisik, mental, dan spiritualnya. Untuk itu seseorang yang berlatih dan mempelajari Tae Kwon Do sudah seharusnya menunjukkan kondisi fisik yang baik, mental yang kuat dan semangat yang tinggi.


Namun hal itu harus mampu ditunjukkan dalam sikap dan tindakan sehari-hari yang baik dan didasari jiwa yang luhur. Dengan begitu barulah sseorang dapat dikatakan berhasil dalam berlatih Tae Kwon Do.

Tae Kwon Do dapat dipelajari siapa saja tanpa tergantung jenis kelamin, umur, dan status sosial. Sekarang ini Tae Kwon Do telah tersebar dan dipraktekan oleh lebih dari 40 juta orang di seluruh penjuru dunia. Kepopuleran Tae Kwon Do mencapai puncaknya saat Tae Kwon Do dipertandingkan sebagai cabang olah raga resmi di Olympiade Sidney 2000.

Di Indonesia diperkirakan lebih dari 200.000 anggota aktif mempraktekan olah raga bela diri ini diberbagai dojang yang tersebar luas di seluruh provinsi di indonesia dan terutama diminati oleh kaum muda dan pelajar Indonesia. Tae Kwon Do Indonesia telah mencatat prestasi membanggakan di arena multi sport event seperti SEA GAMES, ASIAN GAMES bahkan OLYMPIC GAMES 1992 di Barcelona, Spanyol, selain pada kejuaraan Tae Kwon Do tingkat Internasional.

Tae Kwon Do seharusnya tidak hanya dikembangkan sebagai olah raga prestasi saja melainkan sebagai seni bela diri yang dapat membentuk dan mendidik manusia-manusia yang sehat dan berkarakter kuat, guna membangun nusa dan bangsa Indonesia tercinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar